Artikel Berita Informasi Uncategorized

Satgas Anti Rentenir solusi permasalahan bagi korban rentenir

Sejak di kukuhnya Satgas Anti Rentenir tanggal 14 Desember 2017, banyak pengaduan yang masuk baik lewat call center, datang langsung ke kantor atau dari lembaga yang menjadi mitra. terhitung 126 pengaduan yang masuk dengan berbagai skema hutang dengan rentenir.

Kehadiran Satgas Anti Rentenir di kota Bandung memang sudah di tunggu oleh masyarakat agar bisa menyelesaikan masalah dengan rentenir, akan tetapi masih banyak masyarakat menyangka bahwa Satgas Anti Rentenir adalah lembaga keuangan, sehingga pengajuan dari masyarakat adalah ingin meminjam uang. Tidak sepenuhnya salah karena Satgas Anti Rentenir sendiri memiliki kemitraan dengan beberapa lembaga keuangan.

Lantas Bantuan apa yang bisa Satgas Anti Rentenir berikan kepada masyarakar kota Bandung agar permasalahan dengan rentenir bisa selesai. Ada beberapa langkah yang di lakukan agar masyarakat bisa bebas dari rentenir :

  1. Tindakan pencegahan

Hal yang paling penting dalam mempersempit ruang gerak rentenir adalah mencegah rentenir untuk mendapatkan nasabah atau peminjam uang, maka kesadaran masyarakat untuk meminjam uang kepada rentenir harus di tingkat kan, tindakan pencegahan ini meliputi :

a. Sosialisasi tentang Bahaya Rentenir.

b. Himbauan agar masyarakat ikut menjadi bagian dari Koperasi.

c. Pemasangan spanduk, baliho dan media lain nya yang berisikan larangan rentenir untuk beroperasi.

2. Tindakan penanganan

Selain tindakan pencengahan, ada pula tindakan penanganan yang di peruntukan bagi masyakar yang sudah terjerat oleh rentenir, fakta nya tidak sedikit masyarakan khususnya kota Bandung yang masih menjadikan rentenir sebagai solusi bagi masalah keuangan mereka. apa saja tindakan penangan yang di lakukan oleh tim Satgas Anti Rentenir ini :

a. Melakukan mediasi ( negoisasi ) antara rentenir dengan korban dengan mengajukan penghapusan dan potongan hutang baik berupa bunga ataupun denda juga memperjelas sisa hutang dan mengajukan pengangsuran sesuai dengan kemampuan peminjam uang.

b. merekomendasikan korban rentenir kepada mitra yang bekerja sama dengan Satgas Anti Rentenir untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

c. membuat laporan polisi bila korban rentenir mendapatkan tindak pidana dari rentenir.

d. melaporkan hasil investigasi dan advokasi kepada dinas Koperasi apabila ada Koperasi yang berptaktek rentenir untuk di tindak lanjuti.

Apabila ada praktek rentenir atau korban rentenir silahkan untuk melaporkan kasus kepada kami di Telp/SMS/Whataaps : 08112131020.

Editor : Praz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *